QOS (Quality of Service)

Terminologi jaringan yang menjelaskan level garansi throughput. Salah satu kelebihan berbagai jenis teknologi akses dedicated seperti LC, Frame Relay, VSAT adalah adanya QoS (Quality of Services). Ini merupakan jaminan dari penyedia jasa kepada pelanggannya bahwa kapasitas yang akan diterima tidak akan kurang atau melebihi batas yang ditentukan.

Bandwidth

  1. Lebar pita frekuensi atau panjang gelombang
  2. Besar data yang bisa ditransmisikan dalam satuan waktu tertentu.

Untuk perangkat digital, bandwidth direpresentasikan dalam bits per second (bps) atau bytes per second. Untuk perangkat analog, bandwidth direpresentasikan dalam cycles per second, atau Hertz (Hz).

Bit Rate

Rasio jumlah bits yang dipindahkan / ditransmisikan antar dua perangkat dalam satuan waktu tertentu, umumnya dalam detik. Bit rate sama dengan istilah lain data rate, data transfer rate dan bit time.

Throughput

Besar (jumlah) data yang dipindahkan / ditransmisikan dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu proses ke proses lainnya dalam satuan waktu tertentu, umumnya dalam detik. Data transfer rates disk drives dan jaringan diukur berdasarkan terminologi throughput. Throughput dinyatakan dalam kbps, Mbps dan Gbps. Throughput selalu berkaitan dengan latency.

Latency

  1. Secara umum adalah periode waktu proses yang dibutuhkan oleh komponen dalam sistem untuk menunggu proses komponen lain dalam sistem yang sama. Latency, adalah waktu yang terbuang atau waktu tunggu
  2. Pada jaringan, adalah waktu yang diperlukan sejumlah paket data untuk berjalan / berproses dari host asal menuju ke host tujuan. Secara bersamaan, latency dan bandwidth akan menunjukkan kapasitas dan kecepatan suatu jaringan.

Speed

Dalam terminologi jaringan, kecepatan (transfer data) adalah relatif, karena terkait dengan banyak sekali faktor. Bandwidth (lebar pita) bukanlah satuan kecepatan. Bandwidth adalah satuan kapasitas media yang digunakan untuk transfer data. Atau dianalogikan sebagai lebar jalan raya, sedangkan paket data adalah kendaraan yang melewati jalan raya.

Untuk menggambarkan kecepatan akses dalam jaringan, selain bandwidth, faktor lain yang menentukan adalah latency. Kapasitas bandwidth yang lebar, memang memberikan kemungkinan sejumlah besar data bisa ditransmisikan dalam waktu yang sama, sehingga informasi mungkin bisa lebih cepat diterima. Namun tidak selalu kapasitas yang besar akan menjamin kecepatan transfer data. Karena ada masalah lain yaitu latency. Apabila proses yang berlangsung di host asal memerlukan waktu yang lama, maka tak akan diperoleh kecepatan transfer data yang lebih baik karena terjadi latency yang tinggi.

Demikian pula bila terjadi kepadatan ataupun kerusakan pada simpul saluran akses maupun host tujuan maka latency akan menjadi tinggi. Sementara dalam jaringan publik seperti Internet, situasi semacam itu tidak bisa diprediksi maupun dijamin, karena digunakan oleh banyak pengguna dengan berbagai macam aplikasi yang berbeda.

Secara umum, untuk memperoleh kecepatan (transfer rate) yang diharapkan diperlukan kombinasi dari bandwidth dan latency. Bandwidth yang lebar dan latency yang rendah memberikan kemungkinan data transfer rate yang lebih tinggi.

CIR

Singkatan Committed Information Rate, batas minimal kapasitas bandwidth (dalam bits pe second) yang dijamin (pasti diperoleh) oleh penyelenggara jasa / layanan kepada pelanggannya. Umumnya digunakan pada layanan Frame Relay. Pelanggan dapat meminta level CIR yang diharapkan kepada penyedia jasa. Besar atau jumlah data yang tidak melebihi batas kapasitas CIR akan selalu dapat ditransmisikan. Ada kemungkinan data yang lebih besar bisa ditransmisikan namun tidak dapat dipastikan atau dijamin oleh penyelenggara jasa / layanan.

CIR adalah kapasitas yang dijaminkan pada saat kondisi normal atau peak. Sedangkan apabila kondisi jaringan sedang kosong (low) maka data dapat ditransmisikan pada kapasitas yang lebih tinggi (bursting) apabila diijinkan oleh penyedia layanan. Umumnya kapasitas lebih ini akan didefinisikan hingga batas tertentu, yang disebut dengan Excess Information Rate (EIR).

CIR bisa berada pada batas 0, yang artinya penyedia layanan tidak memberikan garansi apapun kepada pelanggannya. Saat CIR 0 data akan ditransmisikan sesegera mungkin hingga batas maksimal sebelum terjadi kongesti. Apabila kongesti terjadi, data akan di drop dan diabaikan dan akan ditransmisikan ulang pada kesempatan berikutnya ketika ada kesempatan.

Bila CIR diset pada nilai tertentu (selain 0), misalnya 64 kbps, maka pada saat peak dan terjadi kongesti transfer rate akan diturunkan hingga batas CIR (terendah). Ketika kongesti pada jaringan telah pulih dan kapasitas tersisa (low peak) maka data rate akan diijinkan melewati batas CIR hingga mencapai EIR.

EIR

Digunakan untuk mengontrol data pada saat tidak terjadi kongesti (low peak). EIR adalah batas kapasitas yang diijinkan untuk dipergunakan oleh pelanggan melebihi CIRnya. Bila EIR dset 0 (disabled), pelanggan akan memiliki kesempatan untuk mencapai / memanfaatkan batas maksimal kapasitas sirkuit pada saat tidak terjadi kongesti (low peak). Apabila kondisi peak, maka pelanggan akan dikembalikan pada posisi CIR yang dijaminkan kepadanya.

Bila EIR diset pada nilai tertentu (selain 0) maka pelanggan akan memiliki kesempatan memanfaatkan kapasitas sirkuit yang tersedia hingga batas CIR+EIR pada saat tidak terjadi kongesti (low peak). Apabila kondisi peak, maka pelanggan akan dikembalikan pada posisi CIR yang dijaminkan kepadanya.

Burst

  1. Kapasitas gabungan yang ditentukan berdasarkan rasio kapasitas menganggur (idle capacity) untuk dipergunakan secara berbagi pakai oleh sekelompok pengguna
  2. Kapasitas tambahan yang tidak berlangsung terus menerus dan mungkin bisa dimanfaatkan oleh pengguna dalam satu kelompok dan tidak dijamin ada pada saat dibutuhkan
  3. Burst mungkin terjadi karena perbedaan perilaku akses sejumlah pengguna dalam satu kelompok.

Kesimpulan

Quality of Services adalah sebuah metode untuk memberikan garansi layanan kepada pelanggan agar senantiasa mendapatkan kapasitas dan kualitas seperti yang diharapkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s