Operator Televisi Satelit (Pay TV) Semakin Menjamur

Televisi satelit adalah televisi yang dipancarkan dengan cara yang mirip seperti komunikasi satelit, serta bisa disamakan dengan televisi lokal dan televisi kabel. Di banyak tempat di Bumi, layanan televisi satelit menambah sinyal lokal yang kuno, menghasilkan jangkauan saluran dan layanan yang lebih luas, termasuk untuk layanan berbayar.

Sinyal televisi satelit pertama disiarkan dari benua Eropa ke satelit Telstar di atas Amerika Utara pada tahun 1962. Satelit komunikasi geosynchronous pertama, Syncom 2 diluncurkan pada tahun 1963. Komunikasi satelit komersial pertama di dunia, disebut Intelsat I (disebut juga Early Bird), diluncurkan ke orbit pada tanggal 6 April 1965.

Satelit jaringan televisi nasional pertama, Orbita, dibuat di Uni Soviet pada tahun 1967. Satelit domestik Amerika Utara pertama yang memuat siaran televisi adalah geostasiun Anik 1 milik Kanada, yang diluncurkan pada tahun 1872.

Industri siaran televisi berbayar (Pay TV) dinilai lebih potensial dibanding industri telekomunikasi saat ini. Peluangnya juga masih sangat besar, sebab dari 40 juta rumah tangga yang memiliki perangkat televisi di Indonesia, baru 2,5% yang berlangganan Pay TV.

“Pasarnya masih sangat besar. Jika melihat kondisinya saat ini Pay TV lebih menjanjikan dibanding sektor telekomunikasi,” kata Guntur Siboro, Direktur Pemasaran dan Penjualan Aora TV, di Pacific Place SCBD, Jakarta, Kamis (29/9/2011) seperti yang diberitakan oleh Detikinet.

Berikut Operator Televisi Satelit (Pay TV) yang sudah & akan beroperasi di Indonesia :

  1. Aora TV
  2. Centrin TV
  3. Indovision
  4. OkeVision
  5. Orange TV
  6. Pentavision (segera beroperasi)
  7. Skynindo
  8. TelkomVision
  9. Top TV
  10. YesTV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s