Sejarah Andrioid

Android Inc, adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication; Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White.

Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya. Sejarah Android dimulai dari sini.

Konsep yang dimiliki Android Inc, ternyata menggugah minat raksasa Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Nilai pembelian Android Inc ini oleh google tidak ada release pastinya.

Tetapi banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inc oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. Saat itu banyak yang berspekulasi, bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone.

Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platfor linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.

Sejarah versi sistem operasi Android dimulai dengan Sejarah Andrioid. Android adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google dan Open Handset Alliance. Android telah melihat sejumlah update sejak rilis aslinya. Pembaruan ini ke dasar sistem operasi biasanya memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru.

Pada bulan Nopember 2007, terbentuklan Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari beberapa perusahaan : Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, T-Mobile dan Texas Instruments. Mereka sepakat untuk membuat open standart bagi mobile phone. Pada hari yang sama, mereka mengumumkan produk pertama mereka, yaitu Android yang berbasis Linux kernel versi 2.6.

Bulan Desember 2008, bergabunglah 14 perusahaan lainnya yaitu : ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PacketVideo, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp dan Vodafone Group Plc. Hal ini merupakan langkah besar dalam sejarah Android untuk menjadi pemimpin dalam sistem operasi untuk mobile phone.

Umumnya, setiap versi dikembangkan di bawah nama kode didasarkan pada barang makanan penutup . Nama-nama kode yang dirilis dalam urutan abjad: Cupcake , Donut , eclair , Froyo , Gingerbread , Honeycomb, Es Cream Sandwich.

Versi OS Andriod :

Versi Beta : Dirilis 5 November 2007
Versi 1.0 : Dirilis 23 September 2008
Versi 11. Dirilis 9 Februari 2009
Versi 1.5 (Cupcake). Dirilis 30 April 2009
Versi 1.6 (Donut). Dirilis 15 September 2009
Versi 2.x (Eclair). Dirilis 26 Oktober 2009
Versi 2.0.1 3. Dirilis Desember 2009.
Versi 2.1 12. Dirilis Januari 2010
Versi 2.2. (Froyo). Dirilis 20 Mei 2010
Versi 2.3.x (Gingerbread). Dirilis 6 Desember 2010
Versi 2.3.5. Dirilis 25 Jul 2011
Versi 3.x (Honeycomb). Dirilis 22 Februari 2011
Versi 3.1. Dirilis 10 Mei 2011
Versi 3.2. Dirilis 15 Juli 2011
Versi 4.x (Ice Cream Sandwich). Akan dirilis di bulan Oktober atau November 2011

Untuk melihat detail fitur untuk masing-masing versi bisa dilihat disini atau versi indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s