12 Registrar PANDI Siap Pasarkan Domain .id

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) memulai melakukan perubahan sistem pengelolaan nama domain .id dari single point registry system (SPRS) menjadi shared registry system (SRS), dengan mengalihkan pendaftaran nama domain .id ke perusahaan-perusahaan registrar.

Dua belas perusahaan ini akan mulai aktif memasarkan domain .id pada 24 September 2012. Sebagai backup, PANDI masih akan menerima pendaftaran domain hingga 28 September 2012. Mulai 29 September, PANDI hanya menerima renewal domain terdaftar, kecuali untuk domain go.id dan mil.id. “Dua domain milik pemerintah ini statusnya dikelola oleh Kominfo, bukan PANDI.

Selanjutnya, domain-domain yang terdaftar di PANDI akan dimigrasikan ke registrar terpilih. “Registrant diberi waktu hingga 31 Desember 2012 untuk mengalihkan domainnya ke dua belas registrar terpilih,”.  Registrant berhak memilih sendiri registrar yang sesuai dan tidak dikenakan biaya apapun untuk proses migrasinya.

Mulai 19 Oktober 2012, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) tidak lagi menerima pendaftaran nama domain baru kecuali untuk go.id, mil.id, dan net.id. Perpanjangan masa berlaku nama domain yang sudah terdaftar masih dapat dilakukan di PANDI hingga 31 Desember 2012. Untuk mendaftarkan nama domain baru, silakan gunakan layanan mitra-mitra PANDI di bawah ini:

Dua belas perusahaan yang terpilih menjadi registrar PANDI adalah:

Referensi bisa lihat di twitter PANDI dan bs juga disini (arsip)

Advertisements