Apa itu domain?

Apa itu domain? Domain adalah nama unik yang diberikan kepada sebuah server dari sebuah jaringan komputer di Internet. Domain sendiri adalah lanjutan dari alamat IP (IP Address). Misal, Google memiliki domain Google.com, itu berarti ada IP Address tersendiri dibalik nama Domain Google.com.

Domain selalu diindetikan sebagai nama pengenal dari sebuah web server, dan format dari domain sendiri hanya terdiri dari huruf, angka dan beberapa simbol khusus. Tidak semua simbol bisa digunakan sebagai domain, beberapa simbol yang tidak boleh digunakan dalam domain seperti (@,:,#,$,%,&).

Macam-macam Domain

Generic Top Level Domain (GLTD)

Generic Top Level Domain adalah Jenis domain dengan prioritas tertinggi, dan para pengguna Internet lebih suka dengan domain seperti ini karena dianggap lebih terpercaya dibandingkan jenis domain lainnya. Beberapa contoh Domain GLTD adalah .com,.net,.org,.info,

Country Coded Top Level Domain (ccTLD)

Country Coded Top Level Domain adalah Domain yang dibuat khusus untuk mengidentifikasikan alamat web di suatu Negara. Misal, Indonesia memiliki Code .ID untuk nama domainnya, Jadi kalau kamu menemukan domain seperti .co.id, .web.id, .id, itu semua adalah Domain yang didaftarkan di Indonesia.

Third Level Domain – Sub Domain

Third Level Domain adalah Domain yang dibuat dengan menggunakan domain utama sebagai induknya. Misal, kamu sudah memiliki Domain domain.com, lalu kamu buat lagi Sub Domain seperti saya.domain.com. Kasus seperti .blogspot.com dan .wordpress.com juga bisa disebut dan dikategorikan sebagai Third Level Domain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s